Mahasiswa PPL PPG di SMAN 1 Jember Resmi Ditarik

Mahasiswa PPL PPG di SMAN 1 Jember  Resmi Ditarik

01 Maret 2024
Pada hari Jumat, sepuluh mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember (PPG Unmuh Jember) ditarik oleh Dosen Pembimbing Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan penarikan ini merupakan akhir kegiatan PPL  PPG. Kesepuluh mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa PPG dari dua bidang studi: 5 mahasiswa Bidang Studi Bahasa Indonesia dan 5 mahasiswa Bidang Studi Matematika.

Kegiatan PPL di SMAN 1 Jember telah dimulai tanggal 15 januari 2024 lalu. Kegiatan telah berlangsung 7 pekan sesuai dengan SKS PPG Prajabatan. 

Kesepuluh mahasiswa telah dibimbing oleh guru profesional di SMAN 1 Jember, beliau adalah Ibu Susi dan ibu Wiwik, Guru Pamong Bidang Studi Matematika dan Bahasa Indonesia. 

Kegiatan yang sudah dilakukan selama PPG melalui observasi awal sebelum masuk kelas, mengembangkan perangkat/modul ajar, praktik mengajar, ikut serta kegiatan P5, membantu kegiatan administrasi guru, dan mendampingi kegiatan SMASA Sains Competition.  Telah banyak yang didapatkan mahasiswa dalam proses PPL PPG ini. 

"Saya senang sekali, saya mendapatkan pengalaman langsung dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan" ujar salah seorang mahasiwa PPL PPG, Ilham Adi Setiawan, Mahasiswa PPG Bidang Studi Bahasa Indonesia. 

Di hari penarikan ini, kepala sekolah berpesan agar mahasiswa mengenang cerita dan kisah baik selama di SMA 1 Jember, karena tugas pendidik mengingat dan menyebarkan kebaikan. Sedangkan kisah yang jelek dan dirasa tidak enak itu pasti subjektif, karena kebaikan kisah itu belum dipahami. Pesan Bapak Moch. Edy Suyanto. 
Kegiatan penarikan dihadiri oleh semua wakil kepala sekolah mulai bidang kurikulum, humas, kesiswaan. Selain itu, dihadiri oleh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing. Dua dosen pembimbing yang hadir adalah Ibu Fitri Amilia dan Ibu Lady Agustina.  

"Terima kasih atas kerja sama yang baik, bimbingan yang tiada lelah, Semoga kegiatan PPL PPG ini menjadi salah satu kebaikan dalam proses pendewasaan calon pendidik profesional. Mahasiswa akan terus melanjutkan belajar, belajar mehamami dan menghayati dirinya sebagai calon pendidik. Pesan Ibu Fitri Amilia, Dosen Pembimbing di acara penarikan tersebut. Dia juga menambahkan bahwa kegiatan PPL PPG ini tidak hanya dikenang dalam foto, melainkan ada luaran kegiatan yang menjadi rekam jejak belajar dan berkarya berkolaborasi mahasiswa, guru, dan dosen.