Wujudkan Mahasiswa Pandai Berorganisasi Atas Naungan Syariat Islam: Kajian Ramadhan BEM FKIP Unmuh Jember

Wujudkan Mahasiswa Pandai Berorganisasi Atas Naungan Syariat Islam: Kajian Ramadhan BEM FKIP Unmuh Jember

Jember, 19 Maret 2024 - Menyambut bulan suci Ramadhan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) menyelenggarakan Kajian Ramadhan dengan tema "Mewujudkan Mahasiswa Pandai Berorganisasi Atas Naungan Syariat Islam". Acara ini berlangsung pada hari Selasa, 19 Maret 2024 di Lobby Gedung Al-Fanani FKIP Unmuh Jember.

Kajian ini menghadirkan Bapak Mochamad Alfan S.Pd.I, M.Ed., salah satu dosen di FKIP Unmuh Jember, sebagai pemateri. Beliau memaparkan pentingnya bagi mahasiswa untuk pandai berorganisasi dengan berlandaskan syariat Islam.

"Organisasi merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri dan berkontribusi bagi masyarakat. Dengan berlandaskan syariat Islam, diharapkan organisasi dapat menjadi wadah yang positif dan bermanfaat bagi anggotanya," papar Bapak Alfan.

Acara ini diikuti oleh delegasi dari organisasi mahasiswa, seperti BEM Universitas dan Fakultas, serta Himpunan Mahasiswa Program Studi di lingkungan FKIP Unmuh Jember. Kegiatan ini juga terselenggara atas kolaborasi dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Thariq Bin Ziyad.

Gubernur BEM FKIP Unmuh Jember. Vito, mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya kajian ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa tentang bagaimana berorganisasi dengan baik dan sesuai dengan syariat Islam. Dan sebagai upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi memberikan Edukasi diluar bangku perkuliahan dan memberikan momentum silaturahmi antar organisasi mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember.

"Diharapkan dengan adanya kajian ini, mahasiswa dapat lebih memahami peran dan tanggung jawabnya dalam berorganisasi, serta dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam program kerja kepengurusan organisasi," ujar Vito.

Kajian Ramadhan ini merupakan salah satu program kerja BEM FKIP Unmuh Jember dalam rangka meningkatkan kualitas dan spiritualitas mahasiswa. Selain itu, BEM FKIP Unmuh Jember juga akan mengadakan berbagai kegiatan lain selama bulan Ramadhan, seperti buka bersama.