Guru Cerdas: Guru Sehat Jasmani Rohani dan Sosial

Kegiatan pengembangan AIK dan Softskil mahasiswa PPG dilaksanakan selama dua hari. Khusus hari kedua, mahasiswa melaksanakan kegiatan untuk mewujudkan calon guru yang cerdas. Guru cerdas itu guru yang sehat jasmani, rohani, dan sosial. Sehat jasmani dicapai melalui kegiatan olah raga. Sehat rohani dicapai melalui kegiatan salat tahajut berjamaah. Sehat sosial dilaksanakan melalui game interaktif dalam permainan kelompok.  

Di awal kegiatan, dilaksanakan kultum. Pengisi kultum adalah Mochamad Alfan, M.Ed. Beliau mengatakan bahwa “menjadi guru harus bisa memeliki prinsip seperti interpener, yang artinya harus selalu beruntung untuk memiliki ilmu dan pedoman hidup yang dirainya”. Hal senada juga disampaikan oleh Isnaen Purnomo, S.Pd. selaku mahasiswa PPG Prajab ketika pemberian kultum selanjutnya bahwa “Kesadaran dalam diri seorang guru harus ditingkatkan dan dilakukan, guru  tidak hanya menjadi pendidik materi melainkan juga menjadi penunjuk kehidupan yang baik kepada peserta didiknya”.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan olahraga pagi yang dipimpin serta dibantu oleh panitia mahasiswa. Panitia mahasiswa merupakan mahasiswa sarjana FKIP Universitas Muhammadiyah Jember. kegiatan dilaksanakan di lapangan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mahasiswa juga diberikan kesehatan jasmani dalam rangkaian kegiatan pengembangan softskill dan kemuhammadiyahan. Jadi tidak serta rohani, kami juga sehat jasmani dan sosial melalui kegiatan pengembangan softskill. Ungkap Ilham.
Tepat pukul 07.00 WIB kami melakukan agenda Outbond secara perkelompok yang sudah ditentukan oleh panitia. Pelaksanaan outbond sangat seru, kami saling beradu yel-yel, kekompakan, kerjasama dan di akhir kegiatan juga kami basah kuyup dengan permainan “paralon bola”. Seseru itu kegiatannya kami hingga tidak merasakan lelah dalam melaksanakan rangkaian kegiatan. Ungkap seorang peserta. 

Kegiatan AIK dan sofskill ditutup dengan pemberian hadiah. Pemenang lomba terdiri atas kultum terbaik, yel-yel terbaik, dan kelompok berprestasi. Pemenang lomba mendapatkan hadiah menarik. Terima kasih atas hadiah ini, ungkap Ilham, pemenang kelompok terbaik.

Kegiatan ini secara resmi, ditutup oleh Wakil Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Jember Dr. Fitri Amilia, M.Pd. Sebagai penutup, Ia menyampaikan harapan rangkaian kegiatan ini bermanfaat untuk membentuk guru yang komplit, profesional dunia akhirat. “saya berharap dengan rangkaian kegiatan yang sudah dibuat, bisa bermanfaat kepada kalian dan kalian melakukan secara istiqomah (mengaji, shalat berjamaah, shalat tahajud) selepas kegiatan ini.” Begitu harapnya. 

All Stories

Siapkan Kader Guru Profesional Melalui Penguatan Soft Skill dan AIK

PPG FKIP Unmuh Jember menyelenggarakan pengembangan softskill dan kemuhammadiyahan untuk mahasiswa PPG Prajabatan 2023-2024 pada Kamis, 23/05/2024. Kegiatan ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan bekerja sama dalam kelompok, mandiri, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. 

Dalam kegiatan ini, seluruh mahasiswa PPG dibekali pengetahuan suatu kearifan Muhammadiyah pada untuk lingkungan membentuk karakter peserta didik dan calon guru profesional untuk tetap tidak melupakan Al islam demi terbentuknya manusia yang bertaqwa, berakhlak mulia, berkemajuan dan unggul dalam IPTEKS sebagai perwujudan tajdid dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari dan bermalam di Universitas Muhammadiyah Jember. Turut hadir dalam acara tersebut Dekan FKIP Dr. Kukuh Munandar, M.Kes, Wakil Dekan Dr. Fitri Amilia, M.Pd., Kaprodi PPG Dr. Christine Wulandari Suryaningrum, M.Pd. dan seluruh dosen PPG Prajabatan.

Pembukaan kegiatan ini dimulai dengan pembacaan ayat Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya, sambutan Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Jember sekaligus membuka kegiatan, Dr. Kukuh Munandar, M.Kes dalam sambutannya, beliau berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat menambah wawasan keislaman, dan mengenalkan pemahaman Muhammadiyah tentang Pendidikan.

Pada kegiatan pertama pemberian materi oleh Dosen AIK PPG Prajabatan Mochamad Alfan, M.Ed. mengenai Tokoh Inspirasi Ahmad Dahlan “Kita harus berdedikasi menjadi seperti beliau, untuk pendidikan dan menjadikan dasar agama sebagai pola pendidikan yang sesuai zaman”.

Kegiatan ini tidak hanya materi saja melainkan adanya shalat berjamaah ashar dan magrib yang diisi materi kultum oleh mahasiswa secara acak dan mengaji selepas shalat berjamaah.

Materi kedua disampaikan oleh Dosen PPG Yeni Mardiyana D, M.Pd. mengenai etos kader Muhammadiyah untuk pendidikan sebagaimana pesan beliau “Semangat dalam bergerak, belajar spanjang hayat dan memiliki karakter khas”.

Materi terakhir disampaikan selepas melakukan shalat isya berjamaah oleh Dosen PPG Ika Priantari, M.Pd dan Eka Nova Ali V, M.Pd. Mereka berpesan bahwa “Menjadi guru profesional adalah salah satu hal yang mempunyai rintangan, kita harus siap mengenai itu”.

Ini merupakan salah satu upaya untuk mendidik calon guru profesional untuk memiliki jiwa pendidik yang disiplin, mampu bekerja sama, dan tentunya menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman, sebagaimana visi FKIP Unmuh Jember, ungkap Ibu Anita, ketua panitia kegiatan ini. Ibu Anita juga menekankan bahwa untuk menjadi calon guru profesional, bukan hanya siap ilmu, tetapi juga harus siap dengan karakter kuat untuk siap mengabdi untuk negeri. Mereka adalah kader Muhammadiyah yang siap mengabdikan diri untuk pendidikan di negeri ini.   

#By Ilham

Membuka Peluang Menuju Gerbang Pendidikan

4 Maret 2024

JEMBER, Tim Promosi FKIP- Menyemarakkan Expo Jember Obral Gede yang bertempat di Gedung Serbaguna Kec. Kaliwates Kab. Jember. Acara JOGED dilaksanakan mulai tanggal 2 sampai 9 Maret 2024, dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan mengerahkan tim promosi mahasiswa FKIP.

Tim promosi FKIP berkolaborasi dengan tim PMB Unmuh Jember untuk terus membuka gerbang pendidikan perkuliahan bagi calon – calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Jember. Selain membuka stan untuk konsultasi Penerimaan Mahasiswa Baru berbagai kegiatan di lakukan tim promosi FKIP untuk menarik minat dan sebagai daya tarik masyarakat.

Gubernur BEM FKIP Vito Noer Dianratno selaku koordinator Tim promosi FKIP mengatakan, peluang membuka pendaftaran bagi calon pendaftar mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Jember saat berada ditengah-tengah masyarakat. Sehingga masyarakat dan calon mahasiswa baru bisa mengenal Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dengan berkonsultasi dengan tim promosi secara langsung dan game game seru.

Acara JOGED merupakan kolaborasi antara Jawa Por Radar Jember dan Kamar Dagan dan Industri Jember. Selain memfasilitasi pelaku UMKM, dalam acara tersebut juga digelar berbagai kompetisi dan talkshow. Mulai dari lomba mewarnai, pemilihan duta hijab, parade band, ngobrol asik jurnalistik, senam bareng, dan berbagai acara lainnya. 

Selain itu, saat masuk stan tim promosi FKIP, calon pendaftar mahasiswa baru akan disuguhkan berbagai game seru untuk mendapatkan berbagai merchandise FKIP sebagai kenang – kenangan dan hadiah bagi yang beruntung.

Reporter: Tim Promosi FKIP

Wujudkan Mahasiswa Pandai Berorganisasi Atas Naungan Syariat Islam: Kajian Ramadhan BEM FKIP Unmuh Jember

Jember, 19 Maret 2024 - Menyambut bulan suci Ramadhan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) menyelenggarakan Kajian Ramadhan dengan tema "Mewujudkan Mahasiswa Pandai Berorganisasi Atas Naungan Syariat Islam". Acara ini berlangsung pada hari Selasa, 19 Maret 2024 di Lobby Gedung Al-Fanani FKIP Unmuh Jember.

Kajian ini menghadirkan Bapak Mochamad Alfan S.Pd.I, M.Ed., salah satu dosen di FKIP Unmuh Jember, sebagai pemateri. Beliau memaparkan pentingnya bagi mahasiswa untuk pandai berorganisasi dengan berlandaskan syariat Islam.

"Organisasi merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri dan berkontribusi bagi masyarakat. Dengan berlandaskan syariat Islam, diharapkan organisasi dapat menjadi wadah yang positif dan bermanfaat bagi anggotanya," papar Bapak Alfan.

Acara ini diikuti oleh delegasi dari organisasi mahasiswa, seperti BEM Universitas dan Fakultas, serta Himpunan Mahasiswa Program Studi di lingkungan FKIP Unmuh Jember. Kegiatan ini juga terselenggara atas kolaborasi dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Thariq Bin Ziyad.

Gubernur BEM FKIP Unmuh Jember. Vito, mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya kajian ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa tentang bagaimana berorganisasi dengan baik dan sesuai dengan syariat Islam. Dan sebagai upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi memberikan Edukasi diluar bangku perkuliahan dan memberikan momentum silaturahmi antar organisasi mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember.

"Diharapkan dengan adanya kajian ini, mahasiswa dapat lebih memahami peran dan tanggung jawabnya dalam berorganisasi, serta dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam program kerja kepengurusan organisasi," ujar Vito.

Kajian Ramadhan ini merupakan salah satu program kerja BEM FKIP Unmuh Jember dalam rangka meningkatkan kualitas dan spiritualitas mahasiswa. Selain itu, BEM FKIP Unmuh Jember juga akan mengadakan berbagai kegiatan lain selama bulan Ramadhan, seperti buka bersama.

Mahasiswa PPL PPG di SMAN 1 Jember Resmi Ditarik

01 Maret 2024
Pada hari Jumat, sepuluh mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember (PPG Unmuh Jember) ditarik oleh Dosen Pembimbing Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan penarikan ini merupakan akhir kegiatan PPL  PPG. Kesepuluh mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa PPG dari dua bidang studi: 5 mahasiswa Bidang Studi Bahasa Indonesia dan 5 mahasiswa Bidang Studi Matematika.

Kegiatan PPL di SMAN 1 Jember telah dimulai tanggal 15 januari 2024 lalu. Kegiatan telah berlangsung 7 pekan sesuai dengan SKS PPG Prajabatan. 

Kesepuluh mahasiswa telah dibimbing oleh guru profesional di SMAN 1 Jember, beliau adalah Ibu Susi dan ibu Wiwik, Guru Pamong Bidang Studi Matematika dan Bahasa Indonesia. 

Kegiatan yang sudah dilakukan selama PPG melalui observasi awal sebelum masuk kelas, mengembangkan perangkat/modul ajar, praktik mengajar, ikut serta kegiatan P5, membantu kegiatan administrasi guru, dan mendampingi kegiatan SMASA Sains Competition.  Telah banyak yang didapatkan mahasiswa dalam proses PPL PPG ini. 

"Saya senang sekali, saya mendapatkan pengalaman langsung dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan" ujar salah seorang mahasiwa PPL PPG, Ilham Adi Setiawan, Mahasiswa PPG Bidang Studi Bahasa Indonesia. 

Di hari penarikan ini, kepala sekolah berpesan agar mahasiswa mengenang cerita dan kisah baik selama di SMA 1 Jember, karena tugas pendidik mengingat dan menyebarkan kebaikan. Sedangkan kisah yang jelek dan dirasa tidak enak itu pasti subjektif, karena kebaikan kisah itu belum dipahami. Pesan Bapak Moch. Edy Suyanto. 
Kegiatan penarikan dihadiri oleh semua wakil kepala sekolah mulai bidang kurikulum, humas, kesiswaan. Selain itu, dihadiri oleh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing. Dua dosen pembimbing yang hadir adalah Ibu Fitri Amilia dan Ibu Lady Agustina.  

"Terima kasih atas kerja sama yang baik, bimbingan yang tiada lelah, Semoga kegiatan PPL PPG ini menjadi salah satu kebaikan dalam proses pendewasaan calon pendidik profesional. Mahasiswa akan terus melanjutkan belajar, belajar mehamami dan menghayati dirinya sebagai calon pendidik. Pesan Ibu Fitri Amilia, Dosen Pembimbing di acara penarikan tersebut. Dia juga menambahkan bahwa kegiatan PPL PPG ini tidak hanya dikenang dalam foto, melainkan ada luaran kegiatan yang menjadi rekam jejak belajar dan berkarya berkolaborasi mahasiswa, guru, dan dosen.